RSS
email

Perancangan dan Implementasi Aplikasi Web Service


Judul               :  Perancangan dan Implementasi Aplikasi Web Service
                            Studi Kasus : (SIM Perpustakaan dengan Sistem Informasi Akademik F.MIPA Universitas Udayana.)

ABSTRAK

Web service dapat digambarkan sebagai sebuah sistem yang dirancang untuk dapat mendukung interaksi komunikasi antar mesin-mesin pada suatu jaringan (specifically WSDL). Teknologi web service memungkinkan pengguna untuk dapat menghubungkan berbagai jenis software yang memiliki platform dan sistem operasi yang sama atau berbeda sekalipun. Pengguna tetap mendapatkan sebuah potongan informasi dari suatu website tanpa harus mengunjungi website tersebut, cukup dengan mengetahui fungsi/method web service yang disediakan oleh web itu atau menggunakan pesan SOAP. Pengguna dapat mengakses potongan informasi itu dengan meletakkan fungsi/method itu pada sebuah aplikasi. Pada karya tulis ini, membahas tentang pegembangan dan penggunaan Web Service  dengan menggunakan bahasa PHP pada Perpustakaan  pusat serta Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (F.MIPA), Universitas Udayana  Kampus Bukit Jimbaran.
     Tujuan dilakukan analisis sistem Untuk membantu pihak-pihak untuk mendapatkan informasi yang berhubungan dengan informasi yang ada pada Perpustakaan Universitas Udayana. Menyediakan layanan – layanan web service dan menampilkan informasi yang berkaitan dengan Perpustakaan Universitas Udayana. Menyederhanakan aktivitas yang terjadi antara bagian Perpustakaan Pusat dengan F.MIPA Universitas Udayana.
Tahap pengembangan sistem ini menggunakan salah satu metode pengembangan sistem informasi yaitu System Development Life Cycle (SDLC).  Dalam metode SDLC, Pengembangan sistem dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu: (1) identifikasi masalah, kesempatan dan tujuan; (2) penentuan kebutuhan informasi; (3) analisis sistem; (4) perancangan sistem; (5) implementasi dan dokumentasi perangkat lunak; (6) uji coba perangkat lunak.  Dalam tulisan ini, implementasi dan evaluasi sistem tidak dilaksanakan mengingat dibutuhkan biaya yang cukup besar dan waktu yang relatif lama.
Web Service Penyedia Layanan Perpustakaan Universitas Udayana yang disimulasikan dengan aplikasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) Perpustakaan Pusat dan Sistem Informasi Akademik SIMAK F.MIPA Universitas Udayana mendapatkan hasil yaitu ; (1) Dengan mengunakan sistem aplikasi web service, SIM Perpustakaan Pusat dapat diintegrasikan dengan SIMAK F.MIPA di lingkungan Universitas Udayana. (2) Sistem aplikasi web service perpustakaan dapat menyediakan  4 (empat) layanan (service) utama yaitu,  Layanan pencarian data detail pustaka,  Layanan menampilkan informasi koleksi pustaka terbaru perpustakaan,  Layanan penelusuran data anggota perpustakaan,  Layanan penelusuran data peminjaman atau bebas perpustakaan.



Untuk melihat dan download selengkapnya  pada :
http://www.scribd.com/doc/39593545

Bookmark and Share

0 komentar:

Posting Komentar

 

Friends

ON-LINE